as is the state, so is the school. Sebagaimana negara, seperti itulah sekolah.
"sekolah amburadul berarti negara ini sedang amburadul, namun jika
kondisi sekolah baik berarti negara ini sedang dalam keadaan baik, jika
masih ada yang baik dan amburadul maka dipresentase saja, lebih banyak
yang amburadul atau yang baik". Kata-kata ini diambil dari sebuah buku
Calak Edu karya Ahmad Baedowi.
Sejenak terfikir bagaimana kita
melihat Indonesia sebagai sebuah negara mari kita sama-sama melihat
bagaimana sekolah yang ada di negeri ini. Apa itu sekolah amburadul dan
bagaimanakah sekolah yang baik. Buku ini tidak membahas secara mendalam
tentang itu, akan tetapi saya ingin mengajak teman-teman sekalian untuk
berdiskusi mengenai hal ini.
Dimulai dari sekolah yang baik,
ada tiga yang pernah Pak Lody sampaikan dalam kajian Filsafat sekolah
yang menyediakan perpustakaan dengan berbagai bacaan yang lengkap,
selain itu sekolah yang dapat memanfaatkan laboratorium dengan
maksimal,dan satu lagi saya mohon bantuan untuk diingatkan. Jika boleh
berpendapat juga sekolah yang baik adalah sekolah yang di dalamnya
anak-anak merasa nyaman, terjalin kerjasama murid dan guru dengan baik,
sehingga tanpa murid-murid sadari bahwa mereka sedang belajar dan terus
menerus tertarik dan tidak pernah berhenti untuk belajar. Seperti yang
pernah diungkapkan bapak Pendidikan Nasional kita yaitu bapak Ki Hajar
Deantara bahwa jika ingin membangun sebuah negara dimulailah dari
membangun pendidikanya. Pendidikan yang berbanding lurus antara negara
yang mendukung dan warga juga mendukung. Kesadaran akan pentingnya
sekolah yang baik perlu ditanamkan. sarana-prasarana yang mendukung juga
yang terpenting sumber daya manusia (tenaga pengajar) yang berkompeten.
Bukan mustahil Indonesia akan menjadi negara yang patut diperhitungkan
jika pemerintah memperhitungkan pendidikan sebagai pilar utama
pembangunan.
Sekolah yang amburadul, sekolah yang amburadul.
Jika dapat memilih tentunya semua sekolah ingin menjadi sekolah yang
baik dan diidam-idamkan akan tetapi sayangnya negeri ini masih membangun
dan berkembang. Dibalik sebuah prestasi masih ada yang harus dibenahi
di negeri ini. Sekolah yang dari segi sarana- dan prasarananya amsih
belum memadai dan mendukung dengan baik. seperti ketersediaaan buku di
perpustakaan yang masih terbatas, penggunaan laboratorium bahkan
keberadaan laboratorium yang belum memadai, juga sumber daya manusia
(pengajar) yang belum berkompeten. Menjadi amburadul itu bukan pilihan
akan tetapi menjadi yang baik itu impian yang harus diwujudkan. Sudah
bukan rahasia lagi banyak media yang mengungkap tentang ambruknya
bangunan sekolah, guru yang melakukan aninaya terhadap muridnya, bahkan
jangankan bermimpi untuk punya perpustakaan dan laboratorium hingga saat
ini masih ada sekolah yang ruang kelasnya terbatas dan dipakai secara
berganti-gantian.
Dan dapatkah pertanyaan ini terjawab, jika
kita ingin melihat Indonesia, lihatlah sekolah-sekolah yang ada di
Indonesia, dari situ kita akan mendapat gambaran bagaimana negara
Indonesia sesungguhnya.
ada yang ingin berpendapat atau berstatistik riset sekolah? ditungggu :)
0 komentar:
Posting Komentar